Standar Penulisan Paper Internasional Yang Populer:

 

  1. APA (American Psychological Association) Style.

Standar ini biasanya digunakan untuk bidang ilmu sosial, pendidikan, dan psikologi. Standar ini mengatur tentang format penulisan, kutipan, dan daftar pustaka.

Format penulisan APA

Format penulisan APA terdiri dari beberapa hal berikut:
– Ukuran kertas: A4
– Margin: 2,5 cm di semua sisi
– Font: Times New Roman, 12pt
– Jarak antar baris: 1,5 spasi
– Perataan: Rata kiri
– Gaya penulisan APA

Gaya penulisan APA menggunakan bahasa yang formal dan baku. Penulis juga harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar.

Aturan kutipan APA

Aturan kutipan APA menggunakan sistem sitasi numerik. Penulis harus mencantumkan nomor kutipan di dalam teks, dan nomor kutipan tersebut harus sesuai dengan daftar pustaka.

  1. MLA (Modern Language Association) Style.

Standar ini biasanya digunakan untuk bidang ilmu humaniora, seperti sastra, bahasa, dan budaya. Standar ini mengatur tentang format penulisan, kutipan dalam teks, dan daftar pustaka.

Format penulisan MLA

Format penulisan MLA terdiri dari beberapa hal berikut:
– Ukuran kertas: A4
– Margin: 2 cm di semua sisi
– Font: Times New Roman, 12pt
– Jarak antar baris: 1 spasi
– Perataan: Rata kiri

Gaya penulisan MLA

Gaya penulisan MLA menggunakan bahasa yang formal dan baku. Penulis juga harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar.

Aturan kutipan MLA

Aturan kutipan MLA menggunakan sistem sitasi author-date. Penulis harus mencantumkan nama penulis dan tahun publikasi di dalam teks, dan nama penulis dan tahun publikasi tersebut harus sesuai dengan daftar pustaka.

  1. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Style.

Standar ini biasanya digunakan untuk bidang ilmu teknik, komputer, dan elektronik. Standar ini mengatur tentang format penulisan, nomor kutipan, dan daftar referensi.

Format penulisan IEEE

Format penulisan IEEE terdiri dari beberapa hal berikut:
– Ukuran kertas: A4
– Margin: 2,5 cm di semua sisi
– Font: Times New Roman, 12pt
– Jarak antar baris: 1,5 spasi
-Perataan: Rata kiri

Gaya penulisan IEEE

Gaya penulisan IEEE menggunakan bahasa yang formal dan baku. Penulis juga harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar.

Aturan kutipan IEEE

Aturan kutipan IEEE menggunakan sistem sitasi numerik. Penulis harus mencantumkan nomor kutipan di dalam teks, dan nomor kutipan tersebut harus sesuai dengan daftar pustaka

Perbedaan utama antara APA, MLA, dan IEEE adalah gaya penulisan dan aturan kutipan. APA menggunakan gaya penulisan formal dan aturan kutipan numerik. MLA menggunakan gaya penulisan formal dan aturan kutipan author-date. IEEE menggunakan gaya penulisan formal dan aturan kutipan numerik.

Penulis harus memilih standar penulisan yang sesuai dengan bidang dan tujuan penulisan paper. Misalnya, APA lebih umum digunakan dalam bidang psikologi dan ilmu sosial, sedangkan MLA lebih umum digunakan dalam bidang bahasa dan sastra. IEEE lebih umum digunakan dalam bidang teknik dan ilmu komputer.

Artikel ini ditulis bersama Microsoft Bing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *