Deliverables – Apa Sebenarnya?

Anda mungkin sering mendengar istilah “deliverables”, tapi apa sebenarnya deliverables itu?

Deliverables adalah hasil kerja dari sebuah proyek. Deliverables dapat berupa produk, layanan, atau dokumen. Deliverables adalah salah satu elemen penting dalam manajemen proyek, karena digunakan untuk mengukur kemajuan proyek dan memastikan bahwa proyek sesuai dengan tujuannya.

Istilah deliverables diambil dari kata deliver yang berarti “mengantar” atau “menyerahkan”. Maka deliverables bisa diartikan hasil kerja dari proyek yang sudah bisa diserahkan atau setidaknya bisa dilaporkan.

Karena sebuah proyek biasanya dideliver secara bertahap, maka pencapaian prestasi sementara dari pekerjaan tidak tidak bisa disebut hasil proyek. Karena hasil proyek sering diartikan proyeknya sudah selesai dan tuntas. Maka istilah yang dipakai untuk menunjukkan hasil sementara sering disebut deliverables, artinya sebagian dari proyek yang sudah bisa dideliver.

Istilah deliverables pertama kali digunakan pada tahun 1960-an. Istilah ini diperkenalkan oleh para ahli manajemen proyek untuk membedakan antara hasil kerja yang dihasilkan oleh proyek, dengan hasil kerja yang dihasilkan oleh proses atau kegiatan lain.

Istilah deliverables kemudian menjadi semakin populer dalam dunia manajemen proyek, dan saat ini digunakan oleh berbagai institusi, baik di sektor publik maupun swasta. Beberapa contoh institusi yang menggunakan istilah deliverables antara lain:

  • Perusahaan
  • Organisasi
  • Pemerintah
  • Lembaga pendidikan
  • Organisasi non-profit

Ada dua jenis deliverables, yaitu:

  • Tangible deliverables adalah deliverables yang dapat disentuh dan dilihat secara fisik. Misalnya, produk, bangunan, atau perangkat lunak.
  • Intangible deliverables adalah deliverables yang tidak dapat disentuh atau dilihat secara fisik. Misalnya, pelatihan, perubahan proses, atau peningkatan kinerja.

Deliverables sering dicatat dan divisualisasikan dengan kurva S dalam laporan progress proyek. Disebut kurva S karena bentuk kurva di proyek memang seperti huruf S. Kurva S adalah grafik yang menggambarkan kemajuan proyek dalam hal waktu dan biaya. Kurva S biasanya dibagi menjadi tiga fase:

  • Fase awal: Fase ini ditandai dengan peningkatan biaya yang cepat, tetapi dengan sedikit kemajuan proyek. Fase ini biasanya digunakan untuk perencanaan dan persiapan proyek.
  • Fase puncak: Fase ini ditandai dengan peningkatan biaya dan kemajuan proyek yang tinggi. Fase ini biasanya digunakan untuk pelaksanaan proyek.
  • Fase akhir: Fase ini ditandai dengan penurunan biaya dan kemajuan proyek yang menurun. Fase ini biasanya digunakan untuk penyelesaian dan penutupan proyek.

Deliverables yang dihasilkan di sepanjang kurva S menunjukkan kemajuan proyek dan berarti juga bisa melihat prosentase sementara penyelesaian proyek. Pada fase awal, deliverables yang dihasilkan biasanya bersifat strategis, seperti perencanaan dan persiapan proyek. Pada fase puncak, deliverables yang dihasilkan biasanya berupa progress operasional, seperti pelaksanaan proyek atau beberapa produk atau prototype produk. Pada fase akhir, deliverables biasanya berupa catatan dan laporan administratif, seperti penyelesaian dan penutupan proyek.

Berikut adalah contoh bagaimana deliverables dapat dilihat dari kurva S:

  • Pada fase awal, deliverables yang dihasilkan dapat berupa rencana proyek, anggaran proyek, dan spesifikasi teknis.
  • Pada fase puncak, deliverables yang dihasilkan dapat berupa produk, layanan, atau dokumen yang menjadi tujuan proyek.
  • Pada fase akhir, deliverables yang dihasilkan dapat berupa laporan akhir proyek, rekomendasi, dan dokumen pendukung lainnya.

Deliverables harus memenuhi kriteria berikut:

  • Jelas, sehingga dapat dipahami oleh semua pemangku kepentingan.
  • Mudah diukur, sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemajuan proyek.
  • Dalam lingkup proyek, sehingga tidak melebihi cakupan proyek.

Pada akhir proyek, deliverables dievaluasi untuk memastikan bahwa proyek sesuai dengan rencana.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *